MASIGNASUKA101
7899818729900648727

CONTOH LAPORAN KRIA Macam Buah-Buahan Dan Rempah-Rempah Dengan Manfaat Beserta Olahannya

CONTOH LAPORAN KRIA  Macam Buah-Buahan Dan Rempah-Rempah Dengan Manfaat Beserta Olahannya
Add Comments
Thursday, December 5, 2019

LAPORAN KRIA
"Macam-Macam Buah-Buahan Dan Rempah-Rempah Dengan Manfaat Beserta Olahannya
KELAS XI IPA 



Disusun oleh:
KELOMPOK 3

Anggota :
1.                  
2.                  
3.                  
4.                
5.                
6.               












SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR


DAFTAR ISI

Cover    ……………………………………………………….............……….. i
Daftar Isi ………………………………………………………....................... ii
Kata Pengantar ……………………………………………......……………… 1

BAB I Pendahuluan ………………………………………………...…...…….
I.I Latar Belakang ..……………………………........………….………
I.II Rumusan Masalah ……………………………………...……..……
I.III Tujuan Pembahasan ………………………..……...……….……..
BAB II. Isi ……...……………………………………………........….……….
II.I Materi ………………………………………………………………
                       II.II Nama Kerajinan……………..……………….…...........................
                       II.III Fungsi atau kegunaan ………..……………….......………….. …
                       II.IV Alat dan bahan……………….………………………….….…….
II.V Langkah kerja  …………………………………………….……....
II.III Analisis ………………………………….………….……..….….
BAB III. Penutup ………...……………………………………......…….….…
III.I Kesimpulan…………………………………………………...……..…….
Daftar Pustaka …………………………………………….……..……………












KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita semua dalam keadaan sehat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Kami juga panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan keridhoan-Nya Laporan ini dapat terselesaikan.
Kami menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman kami tentang kerajinan tangan, menjadikan keterbatasan kami pula untuk memberikan penjabaran ayng lebih dalam tentang masalh ini. Oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Harapan kami, semoga makalah ini membawa manfaat bagi kita semua, setidaknya untuk membuka cara berpikir kita tentang kerajina tangan. Untuk menumbuhkan daya nalar, kreatifitas dan pola berpikir kami sajikan aktivitas yang menurut peran aktif dalam melakukan suatu kegiatan.




 Besar, 20 Maret 2019
                                                                                                              
Penyusun,












BAB I : PENDAHULUAN


I.I Latar Belakang

Buah adalah produk yang tumbuh dari tanaman yang berbunga. Fungsi buah adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dan sebagai wadah biji.
Buah (fruktus) adalah organ pada tumbuhan yang merupakan perkembangan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas dari keterkaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji. Pengertian buah dalam holtikultura atau pangan lebih luas. Karena itu, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah disebut Pomologi.
Sayuran adalah tanaman hortikultura, umumnya mempunyai umur relatif pendek (kurang dari setahun) dan merupakan tanaman musiman. Sayur-sayuran mempunyai arti penting sebagai sumber mineral dan vitamin A maupun C. 
Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak sebelumnya, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus atau diuapkan, digoreng (agak jarang), atau disangrai. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan.
Istilah "sayuran" tidak bersifat ilmiah. Kebanyakan sayuran adalah bagian vegetatif dari tumbuhan, terutama daun (juga beserta tangkainya). Beberapa sayuran adalah bagian tumbuhan yang tertutup tanah, seperti wortel, kentang, dan lobak. Terdapat pula sayuran yang berasal dari organ generatif, seperti bunga (misalnya kecombrang dan turi), buah (misalnya terong dan kapri), dan biji (misalnya buncis dan kacang merah). Bagian tumbuhan lainnya yang juga dianggap sayuran adalah tongkol jagung. Meskipun bukan tumbuhan, bagian jamur yang dapat dimakan juga digolongkan sebagai sayuran.
Walaupun berkadar air tinggi, buah-buahan tidak dianggap sayur-sayuran karena biasanya dikonsumsi karena rasanya yang manis dan tidak cocok untuk disayur. Beberapa sayuran dapat pula menjadi bagian dari sumber pengobatan, bumbu masak, atau rempah-rempah.

I.II Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang teridentifikasi adalah sebagai berikut:
1.    apakah jenis buah yang berbiji banyak dan kecil-kecil?
2.  apakah  Bumbu segar yang berasa dari batang dan bersatu dengan daun?

I.III  Tujuan
Adapun tujuan berdasarkan rumusan masalah adalah:
 1. Memahami buah yang berbiji banyak dan kecil-kecil
2. Mengetahui manfaat dari buah yang berbiji banyak dan kecil-kecil
3. Mengetahui olahan dari buah yang berbiji banyak dan kecil-kecil
4. Memahami Bumbu segar yang berasa dari batang dan bersatu dengan daun
5. Mengetahui manfaat Bumbu segar yang berasa dari batang dan bersatu dengan daun
6. Mengetahui olahan Bumbu segar yang berasa dari batang dan bersatu dengan daun

























BAB II : ISI

A.                BUAH YANG  BERBIJI BANYAK  DAN KECIL-KECIL
1.TOMAT
Tomat (Solanumlycopersicum syn. Lycopersicumesculentum)
adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengahdan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

MANFAAT TOMAT
1. Kesehatan jantung
       Ketika mengiris tomat, Anda akan melihat bahwa bentuk dalam irisannya menyerupai bilik-bilik jantung. Nah ternyata, kandungan yang dimiliki tomat ternyata juga mampu menjaga kesehatan jantung. Beberapa kandungan yang dimiliki oleh buah merah diyakini memiliki dampak positif bagi kesehatan jantung, antara lain:
        Likopen. Berdasarkan review beberapa penelitian yang dipublikasikan dalam Current Medicinal Chemistry, terdapat hubungan positif antara likopen dengan kesehatan jantung. Karakteristik likopen terhadap lemak diyakini mampu mengatasi rusaknya ikatan lemak dalam darah dan mengendalikan kadar berlebihan lemak dalam darah, yang mampu memicu kondisi terhambatnya pembuluh darah (aterosklerosis). Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa likopen memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.
2. Kesehatan mata
        Keberadaan beta karoten dalam tomat, selain memberi manfaat bagi kesehatan jantung ternyata juga mampu menjaga kesehatan mata Anda. Hal ini dikarenakan saat dicerna, beta karoten akan berubah menjadi vitamin A. Terlebih buah ini  juga mengandung vitamin A menjadikan buah berwarna merah ini semakin kaya akan vitamin A.
         Manfaat buah ini juga didukung oleh suatu penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute yang mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.
3. Bagus untuk kulit
          Tomat mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Ini membantu menjaga agar kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan menyembuhkan luka bakar.

MACAM-MACAM OLAHAN TOMAT
1. SARI TOMAT
Bahan: Tomat 1-2 kg, gula pasir, natrium benzoat, air bersih 2 liter, CMC 0,2%.
Pembuatan:
Buah tomat dicuci dengan air mengalir, selanjutnya dikupas dan buang bijinya. Tomat dihancurkan dengan blender hingga menjadi bubur tomat, disaring menggunakan kain saring, diperas, dan diambil sarinya. Hasil saringan ini ditambahkan air (1 : 2) dan diendapkan. Hasil endapan cairan ditambahkan gula, CMC, benzoat dipanaskan hingga mendidih (20-30 menit). Kemudian angkat, selanjutnya tomat dimasukkan dalam botol lalu disterilisasi selama 30 menit. Kemudian didinginkan sampai sesuai dengan suhu kamar, baru ditutup.

2. YOGURT TOMAT
Bahan:
Sari tomat 1 liter, susu skim 5%, gula (sukrosa) 10%, starter yogurt 1 botol.
Pembuatan:
1. Siapkan sari tomat sebanyak 1 liter. Tambahkan susu skim sebanyak 5%, gula 10%.
2. Campuran sari tomat dipasteurisasi pada suhu 85-90 derajat C selama 30 menit. Setelah selesai dipasteurisasi,dinginkan.
3. Setelah dingin, siap untuk diinokulasi dengan starter yogurt sebanyak 5-10%, kemudian diinkubasi pada suhu 37 derajat C selama 24 jam. Kalau tidak ada incubator, bisa diinkubasi pada suhu ruang.
4. Yogurt hasil inkubasi dikemas ke dalam cup bersih dan steril

3. SAUS TOMAT
Bahan:
Tomat 1 kg, merica, pala, gula, garam, vetsin, tepung kanji secukupnya, asam sitrat secukupnya, natrium benzoat.
Pembuatan:
1. Buah tomat dicuci dengan air mengalir, lalu dibelah menjadi dua. Biji dan air di dalam buah tomat dibuang.
2. Tomat dikupas kulitnya (kulit dibuang), lalu daging dihancurkan dengan blender hingga menjadi bubur tomat. Selanjutnya bubur tomat dimasukkan ke dalam wajan.
3. Bumbu (merica, pala, gula dan garam) dihaluskan, kemudian dimasukkan ke dalam wajan. Tambahkan vetsin (jika perlu, tidak juga tak apa-apa).
4. Tepung kanji (ditambah sedikit air) digunakan untuk membentuk kekentalan saos tomat.
4. SELAI TOMAT
Bahan:
Tomat 1 kg, gula 1/2 kg, asam Sitrat 0,2%, natrium benzoat 0,1%
Pembuatan:
1. Tomat segar 1 kg dicuci bersih. Belah menjadi 2 bagian, biji dan air pada bagian dalam tomat dibuang.
2. Daging tomat dihaluskan dengan blender sampai menjadi bubur tomat. Selanjutnya tambahkan dengan gula sebanyak 50% dan asam sitrat 0,2%.
3. Campuran bubur dimasak dengan api kecil dan diaduk hingga mengental (kurang lebih selama 20-30 menit). Bila perlu dapat pula ditambahkan natrium benzoate (sebagai pengawet) sebanyak 0,1% dari berat bubur tomat.
4. Sari tomat dimasukan dalam botol lalu sterilisasi selama 30 menit. Kemudian dinginkan sampai dengan suhu kamar, baru ditutup.

MARKISA
 Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning. Markisa tumbuh di daerah yang sejuk, dengan ketinggian 600 - 1600 meter di atas permukaan laut dan paling ideal di atas 1000 meter. Markisa juga tumbuh baik di daerah subur dan ber-PH normal, serta daerah dengan drainase yang cukup baik sehingga menghindaari tergenangnya air.
MANFAAT MARKISA
1. Mengandung banyak antioksidan
Markisa mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker. Selain itu, mengonsumsi markisa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.
2. Sumber serat untuk tubuh
 Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan seperti usus jadi bersih dan terhindar dari sembelit. Selain itu, buah markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.

3. Mengurangi serangan asma
Buah markisa bisa meredakan serangan asma. Pasalnya, markisa mengandung vitamin C yang membantu dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Penelitian terbaru telah menunjukan jika buah markisa adalah obat mujarab untuk para penderita asma.
MACAM-MACAM OLAHAN MARKISA
1. JUS MARKISA
Bahan-bahan:
300 gram buah markisa segar 
Pemanis bisa dari gula, madu atau sirup markisa secukupnya saja
100 ml air es  
topping baik itu susu atau buah lain
Cara membuat:
Pertama, pisahkan sari buah markisa dari bijinya. Anda bisa menggunakan saringan untuk memudahkan pekerjaan Anda. Masukkan sari buah markisa tadi dengan pemanis dan juga air es ke dalam blender. Setelah itu, blender hingga halus dan tuangkan ke dalam gelas, kemudian beri topping sesuai selera.
2. PUDDING MARKISA
Cara Membuat Puding Markisa:
1. Bahan I: rebus air, agar-agar, jeli instan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan sirup markisa. Aduk rata.
2. Tambahkan buah markisa. Aduk rata. Tuang di loyang setengah lingkaran. Biarkan setengah beku.
3. Bahan II: rebus susu cair, gula pasir, garam, agar-agar, dan jeli instan sambil diaduk sampai mendidih.
4. Masukkan cokelat masak putih. Aduk sampai larut.
5. Tuang di atas bahan I. Bekukan.

3. SIRUP MARKISA
1.Campur isi markisa kuning dan 500ml air lalu diblender.
2. Tuang ke dalam panci, massukan gula pasir dan 500ml air, sisanya rebus hingga mendidih.
Buang buihnya lalu saring dengan saringan halus.
Hidangkan bersama es.

4. SELAI MARKISA
Cara Membuat :
1. Rebus kerokan daging markisa dengan air sampai mendidih, lalu saring.
2. Panaskan hasil dari sari markisa tadi lalu dicapur dengan rumput laut, beri gula.
3. Aduk terus sampai rumput laut menjadi berbentuk seperti gel.
4. Setelah bentuknya seperti gel, tiriskan.
5. Masukkan dalam toples kaca, tutup. Simpan dalam lemari es, dan siap digunakan.

KELENGKENG
Lengkeng (jugadisebut kelengkeng, matakucing, longan,[butuh rujukan] Dimocarpus longansuku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1–20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5–20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.. Buah bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.
MANFAAT KELENGKENG
1. Memperkuat tulang
Sebuah penelitian yang diterbitkan di tahun 2013 dalam “Maturitas” melaporkan jika wanita menopause yang kekurangan mineral seperti tembaga di dalam tubuh secara signifikan akan lebih mungkin mengalami risiko terkena osteoporosis dengan bertambahnya usia mereka. Idealnya, orang dewasa harus memenuhi asupan akan kebutuhan tembaga sebanyak 900 mikrogram setiap hari. Oleh karena itu orang dewasa disarankan mengonsumsi buah kelengkeng segar sekitar 3,5 ons per hari yang mana mengandung 807 mikrogram mineral. Artinya, mengonsumsi buah kelengkeng mampu memenuhi kebutuhan tembaga hampir 90 persen dari angka kecukupan gizi per hari.
2. Mengurangi stres
Manfaat buah kelengkeng lainnya, ternyata buah ini memiliki kandungan zat anti depresan.  Oleh karena itu mengonsumsi buah kelengkeng mampu memberikan efek ketenangan saraf dan mencegah terjadinya rasa lelah yang berlebihan dan terhindar dari masalah insomnia.
3. Menyembuhkan luka
Manfaat buah kelengkeng yang lain yaitu dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini dikarenankan buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

MACAM-MACAM OLAHAN KELENGKENG
1. ASINAN KELENGKENG
CARA MEMBUAT:
  1. Pertama, pembaca setia katakoki kupas kelengkeng, kemudian keluarkan bijinya. Saat mengeluarkan bijinya harus hati-hati ya, agar bentuknya tidak terlalu rusak. Dan sisihkan.
  2. Selanjutnya, pembaca setia katakoki siapkan mangkuk, lalu masukkan air, cabai, garam dan gula kedalam mangkuk dan diaduk sampai merata ya.
  3. Setelah tercampur rata, pembaca setia katakoki masukkan buah kelengkeng yang sudah dikupas tersebut kedalam mangkuk dan beri sedikit perasan air buah lemon. Kemudian aduk dan simpan kedalam lemari es.
  4. Diamkan asinan buah kelengkeng didalam lemari es sampai dingin. Dan asinan buiah kelengkeng pun sudah jadi dan siap dinikmati. 

2.AGAR-AGAR KELENGKENG
CARA MEMBUAT
Kupas kelengkeng & ambil bijinya (buah nya jngn sampai sobek bgt. Krn tengah nya mau diisi ager2)
Masukan Air kedalam panci, campur dengan Gula & Agar2
 Panaskan dg api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih
Jika sudah mendidih, matikan kompor & tunggu hingga ager tdk begitu panas
 Masukan ager2 ke dalam buah kelengkeng. Bisa pakai sendok (kalau saya pakai pipet kecil yg biasa buat minum obat anak 😅)
Jika  kelengkeng sudah terisi semua, masukan ke dalam kulkas & tunggu hingga dingin
3. MUFFIN KUKUS KELENGENG
CARA MEMBUAT
  1. Kupas kelengkeng. Buang bijinya.
  2. Mixer telur dan gula sampai mengembang. Masukkan tepung, susu dan minyak sayur
  3. duk rata. Masukkan pada cup muffin. Sy pakai alumunium cup.
  4. Kukus 15mnt. Angkat sajikan hangat
4. ES KELENGKENG
CARA MEMBUAT:
Kupas kelengkeng,buang bijinya lalu cuci bersih. Tiriskan dan tempatkan di wadah, kemudian masukkan ke freezer (saya prepare pagi untuk waktu buka puasa).
Simple syrup : rebus gula dan air hingga mendidih dan gula larut sambil sesekali di aduk. Angkat dinginkan. (jika simple syrup masih ada bisa disimpan di kulkas)
Penyajian : ambil beberapa kelengkeng beku. Tuang air dingin (saya air es). Tambahkan biji selasih dan simple syrup sesuai selera. Lalu beri perasan air jeruk nipis. Tambahkan es batu jika perlu. Sajikan.

B.     BUMBU SEGAR YANG BERASAL DARI BATANG YANG BERSATU DENGAN DAUN
1.      SERAI
Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Kandungan serai antara lain adalah sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.

MANFAAT SERAI
1. Mencegah naiknya kolesterol
Daun dan akar serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia yang membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rutin teh serai, telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

2. Detoksifikasi
Manfaat serai lainnya adalah dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. Mengonsumsi teh serai juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.
3. Mengobati infeksi dan penyakit kulit
Sereh dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi kulit  seperti kurap, luka, kudis, dan infeksi saluran kencing karena mengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak serai menimbulkan efek baik pada infeksi kulit. Jamur patogen pada kulit akan lenyap jika Anda rajin mengoleskan ekstrak serai pada kulit yang bermasalah.
MACAM-MACAM OLAHAN SERAI
1. TEH SERAI
Teh serai tak hanya bisa memberikan kehangatan, namun juga mencegah kembung dan rasa begah pada perut serta meningkatkan mood. Selain itu, teh serai juga diketahui bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh.
2.WEDANG SERAI
Siapkan panci, isi 3 liter air panaskan hingga mendidih
 Setelah mendidih masuk kan daun sereh, kayu manis, jahe merah yg sudah dicuci dan iris tipis...tipis tunggu sampai 2menit masukka gula batu, gula aren dan garam. Tunggu sampai 5 menit lagi setelah dingin dimasukkan botol. Minum ketika hangat. Minum ketika dingin.
3. JUS SERAI DENGAN LEMON
  1. CARA MEMBUAT
  2. Rebus air dan serai, sampai mendidih, kecilkan apinya. Masak sampai air tinggal setengahnya. Angkat, sisihkan.
  3. Masukkan madu dan air lemon, aduk rata.
  4. Tambahkan irisan jeruk lemon, bila suka tambahkan juga air soda, dan es batu secukupnya, aduk rata. Sajikan.

2.DAUN BAWANG
Daun bawang merupakan jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Dalam seni masak Indonesia, daun bawang bisa ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sop, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto.
Daun bawang sebenarnya istilah umum yang dapat terdiri dari spesies yang berbeda. Jenis yang paling umum dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A. ascalonicum, yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang-kadang bawang preijuga disebut sebagai daun bawang.
MANFAAT DAUN BAWANG
1. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Daun bawang yang sering ditambahkan dalam sup bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh Anda dari pilek, demam, dan flu.
2. Baik untuk kesehatan jantung
Suatu senyawa bernama cycloaliin yang ditemukan di dalam daun bawang bermanfaat untuk melindungi jantung Anda dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga berfungsi untuk mengencerkan darah dan mengurangi resiko penyakit aterosklerosis.
3. Sumber zat besi
Kandungan zat besi yang ada di dalam daun bawang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan mampu memperkuat sel jaringan di tubuh.




MACAM-MACAM OLAHAN DAUN BAWANG
1. SUP DAUN BAWANG
Jika kamu menginginkan sup krim ayam versi vegetarian, kamu bisa mencoba mengolah daun bawang menjadi sup krim. Kamu hanya perlu menyediakan daun bawang, minyak sayur, air, dan garam. Tumis daun bawang hingga layu, tambahkan air dan garam. Setelah matang, dinginkan sup, kemudian blender hingga lembut. Jika menurutmu rasanya terlalu tajam, kamu bisa menambahkan kentang rebus ke dalam adonan.
2. Pajeon (Pancake Daun Bawang)
Pancake ala Korea ini mungkin sudah sering kamu dengar. Beberapa orang menambahkan sayuran dan udang ke dalam pajeon sehingga terlihat ribet. Padahal, kamu bisa membuat pajeon hanya dengan menggunakan daun bawang saja. Sayuran dan udang hanyalah pelengkap agar pancake lebih kaya rasa.
Untuk membuat pajeon, kamu hanya perlu memotong-motong daun bawang, menatanya di atas wajan datar, dan menuangkan adonan pancake yang terbuat dari tepung, air, gula, dan garam di atasnya. Setelah matang, kamu bisa menikmatinya dengan kecap asin dan cabai.
3. KIMCHI DAUN SERAI
Ada puluhan jenis kimchi, salah satunya adalah kimchi daun bawang. Cara membuatnya jauh lebih mudah dibandingkan kimchi sawi putih yang biasanya kita makan. Karena daun bawang sendiri sudah memiliki rasa yang enak, kita tidak perlu menambahkan bawang bombay, bawang putih, dan tiram.
Bahan penting untuk membuat kimchi ini adalah pasta pedas yang terbuat dari tepung beras, kecap ikan, cabai bubuk, dan gula. Kamu cukup menuangkan pasta tersebut ke atas daun bawang yang sudah direndam kecap asin. Kimchi bisa bertahan selama berminggu-minggu. Cocok banget untuk disimpan sebagai lauk cadangan.
4. Hare Pyaz Ki Sabzi (Kare Daun Bawang)
Masakan ini berasal dari India dan biasa dimakan bersama roti naan atau nasi. Tanpa roti atau nasi, rasa hare pyaz ki sabzi terlalu tajam karena menggunakan berbagai macam bumbu. Bawang bombay, bawang putih, tomat, cabai, kunyit, ketumbar,  jahe, dan garam masala adalah bumbu yang biasa dipakai untuk membuat hare pyaz ki sabzi.
Cara membuatnya sangat mudah. Tumis bawang bombay, bawang putih, daun bawang, dan tomat. Masukkan bumbu-bumbu lainnya. Masak hingga semuanya layu dan matang. Hidangkan bersama roti naan atau tortilla. Kamu juga boleh banget menikmatinya dengan nasi hangat.




BAB III : PENUTUP


III.I KESIMPULAN
Data dalam makalah ini di ambil dari sumber-sumber yang berbeda. Pada makalah ini telah menguraikan beberapa manfaat buah dan sayur bagi kesehatan maupun kecantikan. Di dalam makalah ini juga telah diuraikan cara memanfaatkan buah untuk kecantikan. Dengan adanya makalah ini, akan menambah informasi tentang kesehatan yang akan di peroleh jika mengonsumsi buah dan sayur. Apabila terjadi kekurangan dalam mengonsumsi buah dan sayur akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan tidak seimbangnya asam basah tubuh sehingga dapat mengakibatkan kekebalan tubuh menurun dan kesehatan terganggu.























DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Buah
https://id.wikipedia.org/wiki/Sayuran